Informasi

Silahkan Login.

Isikan User Name dan Password untuk Login, dan mengedit daftar member menambah member baru disesuaikan dengan Daerah ataupun Cabang domisilinyamasing masing.

Login Disini

Teachers Login Form

 



gerkatin
Dewan Pengurus Pusat
Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia
(DPP GERKATIN)
Indonesian Association for Welfare of the Deaf (IAWD)

SMS: 081807900275 08176733250

     
     
    Blog
    Post : Rabu, 24 Juli 2013 http://gerkatinsolo.or.id - Dilihat : 246 kali
    Pembentukan Organisasi Tuli di Wonogiri

    Setelah sekian lama melakukan pendampingan bagi komunitas tuli di daerah yang terkenal sebagai ladang TKI yaitu kabupaten Wonogiri. Kami berencana mengadakan pertemuan perdana yang mengundang komunitas tuli di semua area termasuk daerah yang terjauh yaitu Baturetno. Maka hari yang agak cerah tapi gak begitu panas ini pertemuan digelar di SLB Negeri Wonogiri. Pada pertemuan ini didampingi semua staf program dan beberapa volunter yang memfasilitasi pertemuan ini.

    Acara pertama dilakukan dengan presentasi dari Ketua Gerkatin Solo, Muhammad Isnaini menjabarkan pengalaman Gerkatin Solo mendampingi komunitas di kabupaten lain seperti Katusra Sragen, Komtuboy Boyolali, Gerkatin Sukoharjo, Patar Pawestri Karanganyar. Hanya kabupaten Wonogiri dan Klaten belum terbentuk organisasi yang konsisten, meski di Klaten ada organisasi tetapi pelaksanaannya masih belum greget.

    Setelah komunitas tuli Wonogiri mendengarkan presentasi, mereka berpikir-pikir dulu sebelum memutuskan pendirian organisasi. Karena melihat sumber daya yang ada kebanyakan yang masih muda-muda. Dengan penjelasan yang bisa memberikan semangat rasa percaya diri akhirnya mereka sepakat untuk membangun organisasi yang dinanti-nantikan ini.

    Sebelum menentukan pengurus, komunitas tuli menentukan terlebih dulu nama organisasi yang akan dibentuk. Ada beberapa nama organisasi yang masuk atas usulan dari komunitas tuli diantaranya Keluarga Tuli Wonogiri, Gerkatin Wonogiri. Atas pertimbangan dari Muhammad, karena keberadaan Wonogiri yang cukup jauh dari Solo dalam pendampingan membuat kami kesulitan untuk berkoordinasi dengan pemerintah. Maka diputuskanlah nama organisasi yang sepakati yaitu DPC Gerkatin Wonogiri. Dengan organisasi baru ini diharapkan akan mempermudah jaringan dan kerjasama dengan pemerintah setempat.

    Tinggal menentukan siapa ketuanya. Tanpa ada bujukan dari pendamping mereka mencalonkan diri dengan penuh percaya diri akhirnya ada 4 calon yang mengajukan diri yaitu Wulan, Siska, Devi dan Wahyu. Mereka adalah calon yang tergolong muda tetapi dengan semangat ingin maju yang tinggi dan mempresentasikan visi terbaiknya.

    Karena masing-masing calon memiliki bobot yang sama, maka dilakukan voting dari komunitasnya. Dari voting ini diperoleh suara terbanyak adalah Siska dengan perolehan 9 suara, menyusul Wulan 7 suara, Devi 4 suara dan yang terakhir Wahyu 3 suara.

    Dari formatur ini akhirnya dipilih susunan pengurus baru DPC Gerkatin Wonogiri yaitu:
    Ketua      : Siska
    Wakil Ketua     : Wulan
    Sekretaris     : Wahid
    Wakil Sekretaris     : Eko
    Bendahara     : Devi
    Bendahara 2     : Endah
    Images
    gerkatin-1059wonogiri.jpg
    Ket Gambar :